VEMMA IS THE BEST

Tuesday, February 17, 2009

Berubahlah sebelum Mengubah

Waktu sangat singkat. Ini adalah satu fakta yang tidak dapat kita hindari; ini sudah takdir. Jika waktu kita pendek, maka kita tidak boleh menyia-nyiakannya sedikit pun. Menurut pengamatan saya, orang yang sukses dalam hidup adalah orang yang memaksimalkan setiap energi dari kehidupan ini. Mereka melakukannya dengan menggunakan aturan sesedarhana ini. Mereka memerhatikan apa yang dapat mereka kontrol dalam kehidupan ini dan membiarkan yang lainnya apa adanya.

Jika seseorang meminta bantuan Anda secara langsung, Anda dapat membantunya. Jika seluruh dunia meminta bantuan Anda, tak banyak yang dapat Anda lakukan. Menyiksa diri sangatlah kontraproduktif dan hanya membuang-buang waktu saja. Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh peduli pada orang lain atau harus menghindari orang yang membutuhkan bantuan. Justru sebaliknya. Namun ada banyak tempat di mana Anda dapat berbuat banyak. Ada juga tempat di mana Anda tidak dapat berbuat banyak.

Jika Anda menyia-nyiakan waktu dengan berusaha mengubah hal-hal yang tidak jelas berubah, kehidupan ini akan cepat berlalu dan Anda kehilangan semuanya. Jika sebaliknya Anda mendedikasikan dari pada hal-hal yang dapat Anda ubah, area-area di mana Anda dapat berbuat banyak, maka kehidupan ini akan lebih kaya dan bermakna. Semakin kaya kehidupan ini, semakin banyak waktu yang Anda miliki.

Jika kita bersatu, kita memang mampu mengubah apa pun. Namun ini aturan untuk Anda - ini adalah pronsip pribadi Anda - dan karenanya ini tentang apa yang dapat Anda ubah. Jika Anda berada dalam posisi seorang Presiden atau Perdana Menteri, Anda mungkin mampu membuat kebijakan yang memengaruhi seluruh negeri. Jika Anda dalam posisi Paus, Anda mungkin mampu membuat surat pengesahan dari Paus. Jika Anda berada dalam posisi seorang jenderal, Anda mungkin mampu mencegah perang. Jika Anda berada dalam posisi seorang editor, maka nama Anda mungkin akan dicetak. Jika Anda berada dalam posisi seorang kepala pelayan, Anda mungkin dapat memperoleh meja terbaik. Dan seterusnya dan seterusnya. Jadi, dalam posisi apa Anda sekarang? Pengaruh apa yang Anda miliki, dan perubahan apa yang dapat Anda lakukan dengan pengaruh itu?

Sering kali posisi yang kita milki adalah sebagai diri sendiri. Pengaruh pasti yang kita miliki hanya untuk diri kita sendiri. Hal yang benar-benar dapat kita ubah hanyalah diri kita sendiri. Hebat. Sungguh merupakan sebuah kesempatan untuk berbuat sesuatu. Suatu kesempatan untuk melakukan perubahan. Mulailah dengan diri Anda sendiri dan biarkan perubahan itu menyebar pada orang lain. Dengan begitu, kita tidak harus membuang-buang waktu menyampaikan khotbah pada mereka yang tak mau mendengarkannya.

Kita tidak harus membuang-buang nergi, usaha, atau sumber daya kita untuk hala-hal yang tidak dapat kita ubah dan yang tidak memiliki kepastian akan berhasil. Dengan mengubah diri kita sendiri, dapat memastikan sebuah hasil. Sebuah hasil.

Dkutip dari buku The Rules of Life karangan Richard Templar, Aturan 16, terbitan ESENSI


Salam sukses,


Junaedi
081310004288

No comments: